Ilham Zulmi

Memperlebar Tampilan Untuk Running Texts 22 Juli 2011

Filed under: Belajar MCS51 — ilhamtheater @ 14:45

Postingan kali ini kita akan mengembangkan aplikasi Running Texts menggunakan Dotmatrix Display yang terdahulu dari sisi hardware dan software untuk memperlebar tampilannya yang cuma berukuran 8×8.

Seperti diketahui bahwa untuk mengendalikan dotmatrix kita memerlukan pengendali baris dan kolom, yang pada contoh terdahulu semuanya dikendalikan oleh port dari mikrokontroler. 1 port untuk pengendali baris dalam hal ini kita asumsikan P0 dan 1 port lagi untuk mengendalikan kolom matrix dalam hal ini kita menggunakan P1.

Jika anda mengamati programnya, P0 kita pakai untuk mengirimkan data yang akan ditampilkan ke display sedangkan P1 kita pakai untuk keperluan scanning display, maka kita mengendalikan display secara scanning kolom. Trus, bagaimana untuk memperlebar tampilan displaynya?, ya tinggal diperlebar saja😀 . karena kita ingin memperlebar displaynya (dalam hal ini secara horizontal), maka sama saja kita memperlebar kolom matrix yang akan kita kendalikan. Semakin banyak kolom yang kita kendalikan maka semakin banyak pula kebutuhan port yang kita butuhkan untuk mengendalikannya, tapi tenang saja, karena kita bisa menggunakan IC lain yang bisa membantu kita untuk mengatasi hal ini.

Untuk keperluan ini, kita tentukan dulu berapa banyak kolom yang akan kita kendalikan. Sebagai contoh kita perlebar saja ukurannya menjadi 8×16, kemudian perhatikan potongan program sebelumnya yang berikut ini:

Program diatas melakukan perulangan yang digunakan untuk mengisi data yang akan ditampilkan ke display sekaligus melakukan scanning display, data scanningnya diambil dari data array tab. Dalam hal ini data scanningnya sebanyak delapan karena memang digit kolomnya juga ada delapan, sehingga perulangan juga dilakukan 8 kali.

Di atas tadi, kita sudah menentukan kolom akan kita perlebar menjadi 16 kolom, sehingga programpun harus dirancang agar bisa melakukan scanning sebanyak itu, sedangkan data akan dikirim setiap terjadinya perulangan. Saat terjadinya scanning hanya terdapat 1 digit aktif dan yang lainya tidak aktif. Karena hanya 16 kolom saja kita bisa menggunakan IC 7493 (counter 4 bit) yang keluarannya dihubungkan ke 74154, dan keluaran dari 74154 ini yang kita gunakan sebagai pengendali kolom dari matriks. Untuk counter 4 bit biarlah mikrokontroler yang menangani hal ini, sehingga kita hanya membutuhkan 74154 saja.

Kita pakai saja P1 yang berfungsi sebagai counter 4 bit sehingga hitungan total adalah 16. sehingga listing programnya menjadi

kemudian kompail listing program yang telah dimodif tersebut. Skematik untuk simulasinya adalah sbb:

Source code dan file simulasinya bisa didownload di sini.

Untuk kolom yang lebih banyak lagi, saya memakai IC 4017 yang di-extend (diperlebar) karena IC ini hanya mempunyai 10 keluaran saja, dan kita hanya membutuhkan 2 digit saja untuk mengontrol scanning kolomnya, yaitu Reset dan clock dari IC ini yang juga harus dilakukan penanganannya pada listing program. Untuk mengetahui bagaimana cara mengextend IC ini anda bisa melihat datasheetnya.

Selamat mencoba!.

 

12 Responses to “Memperlebar Tampilan Untuk Running Texts”

  1. huda Says:

    mas ,kalau pake 4017 untuk kendali kolom ,gimana listing programnya dan skema rangkaiannya ,misal mau buat dot matrik 8×32?

  2. ilhamtheater Says:

    kalau yang di atas kan pemilihan kolom aktif menggunakan 74154 dengan cara membaca tabel data, kalau pakai 4017 tinggal dikirim sinyal clock ke IC tersebut sebanyak lebar kolom matrix, kemudian kita beri sinyal reset dan kembali ke proses scanning lagi dimulai dari kolom matrix pertama. bisa dilihat kembali datasheetnya.

  3. huda Says:

    mas bisa kasih contohnya baru belajar masih bingung?

  4. ilhamtheater Says:

    Bukannya itu kesempatan untuk belajar mas? dicoba dulu…

  5. joe8370joe Says:

    boleh ikut gabung g?

  6. ilhamtheater Says:

    Boleh, masnya juga boleh share ilmunya disini…..

  7. joe Says:

    saya pemula bgt mas,jd saya lum punya ilmu yang bisa saya share mas!saya pengen bikin led matrik,cuma saya sulit mendapatkan mikrokontroler, karna saya di daerah perkampungan mas!saya mau memanfaatkan kmponen yang tersedia di tmpat saya,yaitu 4017!kalau boleh saya tanya ,4017 bisa dibuat tuk pengedali kolom d led matrik kan?saya mau buat 5 ic 4017 dikendalikan oleh 1 ic 4017 lainya!pertanyaanya adalah apakah ke 5 4017 dan 1 lagi 4017 clock nya disatukan or gmna mas?kalau yang 5 kan disatukan,yaitu carry dari no 1,dimasukan ke clock no2!nah 4017 pengendali blok kolomnyan tu clock nya disatukan ke no 1 ap gmna mas?mhon pencerahanya mas.tanks\

  8. ilhamtheater Says:

    waduh, ini ceritanya mau buat pengendali led matrix cuma pakai 4017 aja tanpa mikrokontroler gitu y?
    apa ngak malah susah?
    4017 kan dipakai untuk mengatur scaning kolom, trus nanti datanya dikirim lewat mana y mas?

  9. joe Says:

    saya lagi berexperimen aza mas!so saya juga dah bisa buat seven segmen dari 4017,karna hanya 4017 aza kmponen yang tersedia di tempat saya mas!meskipun memang susah n pasti banyak 4017 yang saya pakai mas,tp saya mau mencobanya!saya akan membuat 4017 tingkat puluhan mas.mhon bantuanya mas tuk bntu saya.

  10. ilhamtheater Says:

    saya sih bisanya cuma seperti cara yang saya tulis di sini mas, buat ngendaliin led matrixnya, pakai mikrokontroler jg….

  11. raihan Says:

    Mas saya mau tanya nh,Ic driver buat dot matrix itu kan ada yg pkai Ic 74HC595.trus ada juga yg 74LS164.nh saya mita tolong nh data input.sma data output datanya di Pin yg mana2 aja ya ??

  12. Tri Azis Says:

    mas kalo mau pake ic 4017 programnya yang diubah yang mana ya? mohon pencerahanya🙂


Tinggalkan Balasan

