Ilham Zulmi

Jam Lagi 4 Mei 2011

Filed under: Belajar MCS51 — ilhamtheater @ 17:24

Wah, jam lagi, jam lagi…. Mungkin saya mau jadi tukang penjual jam kali ya…😀. Jam digital ini iseng saya buat dari modif program sebelumnya, yaitu jam digital tanpa RTC. Tapi kali ini displaynya pake 4x7segment untuk tampilan jam dan menitnya, antara digit jam satuan dan digit menit puluhan dipisahkan dengan nyala titik pada 7Segment yang menampilkan digit satuan jam, sedangkan detikannya saya pake 60 led yang menyala berurutan untuk tiap detiknya. Setelah detik mencapai hitungan ke 60 yang artinya sudah mencapai 1 menit, maka tampilan menit akan diperbarui dan led untuk tampilan detik akan direset yang menyebabkan seluruh led padam, kemudian hitungan detik dimulai dari 0 lagi yang akan menyalakan led pertama. Anda bisa menyusun led secara acak semau hati anda.

Karena led untuk detik berjumlah 60, saya memakai Shift Register Serial In Parallel Out 74HC164 untuk menghemat Pin dari mikrokontroler. Pada gambar dibawah terlihat hasil simulasinya yang menunjukkan jam 00.04 lebih 48 detik.

 

9 Responses to “Jam Lagi”

  1. ilhamtheater Says:

    Siang tadi, saya beli komponen elektronik sambil jalan2 di pasar genteng surabaya. Di salah satu toko elektronik, saya melihat ada yang menjual jam digital dengan tampilan yang mirip seperti di postingan ini. Dalam hati saya ketawa melihat jam digital tersebut. Hahahaha…😀

  2. sadikul fuad Says:

    mas bisa minta source codenya..buat belajar

  3. dickY Says:

    aslmlkm. Mas bs mnta skema sm source code ga? Kykny minat nich bikin.

  4. ilhamtheater Says:

    eh, itu cuma modif dari listing jam sederhana yang udah saya posting di blog ini. kalo udah paham itu ama baca datasheetnya 74HC164 pasti bisa mas buat yang kayak gini.

  5. bengun Says:

    mas punya referensi jamdigital dengan mikro yang display nya 7 segment tapi yang harga buatnya miring ndak? boleh dong di postken…

  6. bangun Says:

    boleh minta source code dan schmatic ny mas? tolong kirimin dong, mau buat belajar nih

  7. yadi Says:

    minta lg bos…, trm kasihhhh….

  8. Wien Says:

    mas. saya boleh belajar buat bikin juga g?

  9. Ryder Future Says:

    assalamualaikum
    gan simulasi itu pake code progaram ka


Tinggalkan Balasan

