Ilham Zulmi

Jam Digital Seven Segments yang Mahal 4 Mei 2011

Filed under: Belajar MCS51 — ilhamtheater @ 17:21

Sebenarnya ini juga modifikasi source code yang diberikan dari teman saya, yang sama dengan di postingan belajar mikrokontroler. Cuma kali ini 7segment dikendalikan oleh shift register dan latching ngak pakai teknik scanning.
Sehingga program tidak harus terus menerus update tampilan. Keuntungannya kita cuma butuh 3 port untuk mengendalikan beberapa seven segment. Tapi kelemahannya tiap digit seven segment membutuhkan 1 shift register, itulah mengapa postingan ini saya beri judul Jam digital seven segments yang mahal. Berikut gambar simulasinya:

download Source code dan simulasinya disini.

 

159 Responses to “Jam Digital Seven Segments yang Mahal”

  1. abimanyu Says:

    boleh minta souce code dan schematicnya bos?
    gambarnya kurang jelas bos.

  2. ilhamtheater Says:

    @abimanyu: SourceCode dan Desain skematik untuk simulasi di Proteus sudah saya kirim mas… Silahkan cek emailnya… Semoga bermanfaat…..

  3. rey Says:

    Boleh minta source code n skematicnya bos aku mau coba sebelume thanks

  4. ilhamtheater Says:

    @rey: Silahkan cek emailnya mas….. semoga membawa manfaat…

  5. Haris Says:

    mas,bleh mnta source ma gambar rangkaian dalam bentuk proteusnya mas,mkasih.saya mw belajar mas.
    ni email saya mas:haristrisaputra@rocketmail.com

  6. ilhamtheater Says:

    @Haris: Silahkan cek emailnya, source code dan file simulasi proteusnya sudah saya kirim. semoga bermanfaat.

  7. Haris Says:

    makasih mas

  8. ilhamtheater Says:

    @Haris: Iya, sama2 mas….

  9. Hendra Eka Putra Says:

    minta source code bascom avr nya dong mas

  10. ilhamtheater Says:

    @Hendra: maaf, nggak punya mas.. semua postingan yang berkategori belajar mikrokontroler, saya pake MCS51.

  11. karso Says:

    Mas, boleh minta source code n skematicnya, aku mau coba. Terima kasih

  12. ilhamtheater Says:

    @Pak Karso, sudah saya kirim pak, silahkan check emailnya…

  13. massimo Says:

    mas bisa minta source code dan skematiknya…sekalian file simulasinya.makasih mas

  14. ilhamtheater Says:

    @massimo: source code dan file simulasi proteus udah dikirim mas…. check email….

  15. allthewin Says:

    mas ilham, saya juga bisa minta tlg kirimin source kode dan skematiknya gak ke email saya
    4ldrin.juliant@gmail.com

  16. ilhamtheater Says:

    @allthewin: source code dan file simulasi proteusnya udah saya kirim mas, silahkan check emailnya..

  17. farrel Says:

    Salam sukses bos,
    bisa mintak source code nya ?
    Thanks ya

  18. ilhamtheater Says:

    @farrel: sama2 mas, salam sukses juga buat sampeyan. src dah saya kirim ke email sampyan, silahkan dicheck…

  19. farrel Says:

    mas Ilham, kok ndak masuk ya emailnya?
    bisa dikirim lagi mas? hehehe…. thanks ya, n semoga sukses selalu.
    Email : hk_setiawan@yahoo.com

  20. ilhamtheater Says:

    @farrel: wah, masa sih mas?. sudah saya kirim lagi, coba dicheck lagi emailnya.

  21. farrel Says:

    Ok Mas,
    sudah nyampek, mungkin jalan2 dulu kali,..hehehee.
    thanks.
    btw kl pake’ BASCOM gimana ya programnya?

  22. ilhamtheater Says:

    kalo pake bascom, silahkan dikonversi sendiri mas.πŸ˜› Saya sendiri juga gak pernah nyoba pake bascom.πŸ˜€

  23. ade Says:

    mz, saya juga ingin belajar, kalo bole tolong kirimi juga yah mz, terimakasih…πŸ™‚

  24. ilhamtheater Says:

    boleh, udah saya kirim… check email gan.

  25. muchlas Says:

    Mas,minta dibantu bikim pake asm . untuk jam pake led display…trims

  26. muchlas Says:

    mas,bleh mnta source mkasih.saya pingin belajar mas.

  27. ilhamtheater Says:

    udah saya kirim mas, src nya dalam bahasa C, kalo mau yang pake bahasa asembly dikonversi aja sendiri. dulu emang pas awal-awal banget belajar, saya pake bahasa itu, tp sekarang udah jarang pake lg mas..

  28. yitno Says:

    Boleh aq minta source code jam mahal bro..tlng donk kirim ke emailku

  29. yitno Says:

    Boleh aq minta source code jam mahal bro..tlng donk kirim ke emailku kiesbtg@yahoo.co.id

  30. ilhamtheater Says:

    boleh aja bro… check email.

  31. yitno Says:

    mksh bro sebelumnya tak pelajari dulu semoga sukses

  32. rangga Says:

    minta source codenya ya mas plis untuk bahan TA, plis ==> saya tunggu di email saia “rsbambot802@gmail.com” terima kasih sebelumnya.

  33. rangga Says:

    file simulasi dengan programnya yang jam mahal 7 segmen ya mas.,terima kasih lagi mas sebelumnya

  34. ilhamtheater Says:

    iya sama2. Udah saya kirim ke emailnya mas rangga.

  35. rangga Says:

    itu compilernya pake sdcc ya kk?!

  36. ilhamtheater Says:

    iya, compilernya pake SDCC.

  37. ekoferru Says:

    mas programer tlng dikrmi jga dunk ke email saya,, sblmnya trima ksih

  38. ilhamtheater Says:

    ya, sudah saya kirim ke emailnya mas eko.

  39. suparno Says:

    mas bolehkah aku dikasihi source codenya donk, dan sebelumnya aku ucapkan banyak terima kasih jika dikasihi, semoga bermanfaat bagi anak bangsa

  40. ilhamtheater Says:

    iya, boleh aja kok. udah aku kirim source codenya ke emailnya mas suparno.

  41. budiono Says:

    Mas ada Layout PCB & schematik serta coding programnya… saya mw coba buat mas.. tolong kirim ke email saya
    budiono.113@gmail.com

    Saya tunggu mas

  42. ilhamtheater Says:

    source code dan file simulasi proteus, sudah say kirim ke email mas budiono. Selamat mencoba.

  43. andri Says:

    mas minta source code ma simulasinya….!!!!

  44. ilhamtheater Says:

    iya, sudah saya kirim ke emailnya mas andri.

  45. poh Says:

    boleh minta souce code dan schematicnya bos?kalau ada lengkap tgl dan alarm.trim

  46. ilhamtheater Says:

    ya boleh, tanggal ama alarmnya tambahin sendiri y.πŸ˜›

  47. Irpan Reiza Says:

    boleh minta souce code dan schematicnya bos?
    kirim ke email saya reigha_sta@yahoo.com

  48. ilhamtheater Says:

    boleh aja…. silahkan check emailnya…

  49. Irpan Reiza Says:

    ko jamnya gak bisa di edit

  50. ilhamtheater Says:

    gak bisa diedit bagaimana?, Maksudnya gk bisa diganti data waktunya gitu t?. Kalau itu yang dimaksud, tentu saja bisa, cuma harus ditambahkan modifikasi di sisi software dan hardwarenya. Misalnya menggunakan tombol untuk mengganti data jam, menit atau detik.

  51. wito Says:

    minta souce code dan schematicnya

  52. ilhamtheater Says:

    ya mas wito… sudah saya kirim ke emailnya mas wito…

  53. danang Says:

    gan… ane juga minta tu simulai n source code.. thx..

  54. sompret Says:

    belum kehabisan kan, boleh donk ane minta,,, hehehehe….

  55. ilhamtheater Says:

    @Danang & Sompret: ya, sudah saya kirim ke emailnya mas-mas…

  56. fitra Says:

    mas boleh minta souce code sama skem rangkaiannya
    thanks sebelumnya masπŸ™‚

  57. ilhamtheater Says:

    ya, boleh… check emailnya ya….

  58. sompret Says:

    kq belum masuk ya bos, hehehe
    sorry ngrepotin, gi start belajar ni,,,

  59. ilhamtheater Says:

    udah tak kirim lagi…

  60. Muhammad Riyan D Says:

    mas, minta source code ma simulasi proteusnya!πŸ˜€

  61. Dave Steven Says:

    mas, minta source code ma simulasi proteusnya….
    dave.steven1102@gmail.com

  62. abul Says:

    aslm, mas klu boleh minta source code ma simulasi proteusnya, soalnya yang dipostingan kurang jelas,
    trima kasih mas, mudah2an jadi ladang amal jariyah.,

    e-mail : qabulbox@gmail.com

  63. ilhamtheater Says:

    @Dave & Abul: ya udah tk kirim mas, dan terima kasih atas do’anya mas abul….

  64. rizkidwise Says:

    boleh tau simulasi sama listing programnya mas ?

  65. ilhamtheater Says:

    boleh aja…. check emailnya…..

  66. dan0 Says:

    mas, aku jg minta source code ma simulasi proteusnya ya..

  67. ilhamtheater Says:

    ok… udah tk kirim….

  68. mas minta skematik sama souce codenya donk…… trimakasih
    johanez_yz@ymail.com

  69. sadikul fuad Says:

    mas bisa minta source codenya..buat belajar

  70. ilhamtheater Says:

    ya… udah aq kirim ke email masing-masing.

  71. baristand Says:

    boleh minta schematic dan board pcb serta file hex nya mas

  72. akbar Says:

    gam minta skematiknya ma source code nya dong/////
    ni email q hariantara_akbar@yahoo.com thanks………………..

  73. ilhamtheater Says:

    @baristand & akbar: udah tk kirim ke email masing-masing mas.

  74. brian Says:

    mas bsa kirim simulasi+source code nya?
    brian_giri@yahoo.com

  75. aye Says:

    boleh minta schematic(proteus) dan source code nya mas…?
    terima kasih…

  76. jay Says:

    mas boleh minta source kode n skematiknya mas

  77. ilhamtheater Says:

    ok mas aye dan mas jay….. check emailnya…

  78. jay Says:

    terimakasih banyak masπŸ™‚

  79. ilhamtheater Says:

    @jay: iya mas jay… semoga manfaat….

  80. bengun Says:

    saya juga mau ikut belajar mas….

  81. ilhamtheater Says:

    iya mas. mari belajar sama-sama….

  82. irwan Says:

    permisi mas…salam kenal?boleh minta source code jam digitalnya gak mas…soalnya saya pengen buat?kirim ke e-mail saya…

  83. ilhamtheater Says:

    salam kenal juga mas irwan. srcnya udah tak kirim ke email mas irwan.

  84. Rio Says:

    gan….pm in ane sourch codenya yaaa….ke aryes_yuza@yahoo.co.id….makasih gan….

  85. ilhamtheater Says:

    sama2 mas…

  86. anfaur Says:

    mas tolong kirimi source code + simulasinya, ni email saya
    anfaur.rrz@gmail.com

  87. anfaur Says:

    maaf pak yang email yang atas salah, kirim source code + simulasinya ke email ini aja
    rrz.anfaur@gmail.com

  88. bangun Says:

    mas boleh minta schematic dan source code nya? lagi dapet tugas nih….
    saya baru pemula jadi masih cari cari revensi…

  89. ilhamtheater Says:

    @Anfaur: ya mas, udah tak kirim ke rrz.anfaur@gmail.com.
    @Bangun: Ya mas, boleh aja….

  90. anfaur Says:

    kok gak masuk pak? Tolong kirim ulang! Makasih

  91. ucup Says:

    gam minta skematiknya ma source code nya dong/////
    ni email maverickzero2@gmail.com

  92. nur Says:

    mas boleh minta skema rangkaian dan source code jam digitalnya tdk?

    terimakasih

  93. fickry Says:

    mas boleh minta rangkaian sama source code nya ?

  94. risky Says:

    permisi Mas, boleh minta layout dan skematik rangkaiannya ? trimakasih Mas sbelumnya

  95. didik Says:

    mas kalo boleh file bas ma simulasi proteus mas ke
    set.didik@yahoo.co.id makash mas sebelume

  96. anjas graha Says:

    bos boleh minta skema dan sourcenya gak gan kirim ke email saya ya devildice92@gmail.com

  97. ilhamtheater Says:

    sudah saya kirim ke emailnya masing-masing.

  98. mas ,, saya minta skematik rangkaian dan listing program asm51 nya dong ,,, saya tertarik mau buat jam nya ,,, tolong di kirim di yus.amr05@gmail.com

  99. Muslih Rizal Says:

    Boleh minta source code n skematicnya bos aku mau coba sebelumnya thanks

  100. Aries Says:

    mas ,, saya minta skematik rangkaian dan listing program asm51 nya dong ,,, saya tertarik mau buat jam nya ,,, tolong di kirim ke ariesmanlord@yahoo.co.id

  101. effendy Says:

    mas kirimin list program .c dong ma skematiknya
    mw coba bikin jam ni.
    adris.effendy@gmail.com

  102. ilhamtheater Says:

    ya mas2, sudah saya kirim ke email masing2….

  103. Terima Kasih telah berbagi ilmu.
    Oya, bisa minta Source kodenya dan gambar rangkaian
    ke email:saefudinzuhri96@yahoo.com

  104. Nirwan Pranedya Pratama Says:

    Mas.. saya juga mau mnt skematik ama source kode nya yahh.. buat dipelajari.. Hehe
    Email : Cyber_l1nk10@yahoo.com

  105. ilhamtheater Says:

    ok mas, chek email masing2..

  106. Hagai Says:

    hallo… Mas… aku boleh minta jg source code nya yah…makasih dan ini email ku : hagai_d@yahoo.com

  107. mas mint dunk.,.,.

  108. kanip Says:

    mas boleh bagi2 program bascomnya sm simulasinya dong thnx yaaπŸ™‚
    email : nip.hanip@gmail.com

  109. angga Says:

    bos,, bleh mnt n kirim source code nya g??
    anggakrisdaniel@yahoo.com

  110. ihsan Says:

    mas….tolong ya schema dan source code nya ke email saya,
    trims lho….

  111. Mujahid al afgan Says:

    mass saya minta source codenya
    ama simulasinya
    email aku : mujahidalafgan@gmail.com

  112. ilhamtheater Says:

    cek emailnya mas..

  113. saddam Says:

    mass minta source codenya sama simulasinya lah mass..
    email saya : saddam_umar@ymail.com

  114. oksen nyoman Says:

    mas boleh mintA source code dan skematik proteus nya mas…oksennyoman@yahoo.com

  115. fuad Says:

    bisa minta source code dan simulasinya mas???
    sadikul.fuad@yahoo.com

  116. arif indhiarto Says:

    boleh minta list program n schematic’a g?
    arifindhiarto@yahoo.co.id
    trima kasih banyak

  117. ridwan Says:

    minta source code dan simulasi nya dong bang..
    ridprata@gmail.com

  118. Luthfan Says:

    salam, mas saya ingin mencoba membuat, bisa minta source code dan simulasinya mas, trimakasih, luthfan_55091@yahoo.co.id

  119. ilhamtheater Says:

    sudah saya kirim bos2…

  120. fuad Says:

    terima kasih mas!!!
    semoga kirimannya bisa bermanfaat…

    kalau aplikasi untuk counter bagaimana settingnya mas???
    misal dengan inputan push button

  121. saya juga minta source code dan simulasinya mas,

  122. nisa Says:

    boleh minta souce code dan schematicnya..
    gambar kurang jelas.. @hmohamedzaini@yahoo.com

  123. nisa Says:

    minta source code dan simulasinya..

  124. minta source jg mas ya TQ

  125. susenoneo Says:

    bisa minta source kode dan schematik nya, mas
    trima kasih
    suseno.cdc@gmail.com

  126. anis Says:

    mas,bisa mintak sorce code dan schematiknya..
    hmohamedzaini@yahoo.com..

  127. adam Says:

    mas nya boleh minta schematicnya
    trims sebelumnya
    adamwub@gmail.com

  128. BUDI Says:

    bolem minta source codenya dan simulasi proteusnya mas
    email kan ke budi_p_s@yahoo.co.id
    thanks

  129. wawan Says:

    gan bleh minta source code dan simulasinya gga..
    ke email ya gan..
    sitiawanagus@yahoo.com

    terima kasih..
    semoga anda selalu diberikan kemudahan dalam hidup

  130. idwardi Says:

    gan krimin ane jga donk gan
    file lengkap nya gan
    idwardibungsu@gmail.com

  131. indra pure Says:

    minta source kode + skema nya donk gan

  132. Noa Says:

    hey, bagi source kodenya kak…

  133. ilhamtheater Says:

    langsung aja di donlot mas…

  134. fahmi Says:

    mas minta source code ama skema proteus nyaa donk,… makasih sblumnyahh,…
    zulfahmi.amri@gmail.com

  135. ilhamtheater Says:

    langsung aja didonlot mas.

  136. Hadianto Says:

    mas ilham, saya juga bisa minta tlg kirimin source kode dan skematiknya gak ke email saya
    sidi.cruise@gmail.com. terima kasih semoga ilmunya menjadi amalan. Aamiin

  137. ilhamtheater Says:

    udah tinggal download aja mas… itu udah saya kasih link downloadnya di bawah…

  138. BUDI Says:

    MAS MINTA JG DUNG SKEMATIK DAN SOURCE CODE NYA

  139. BUDI Says:

    KIRIM KE EMAIL SY MAS budi_p_s@yahoo.co.id

  140. ilhamtheater Says:

    langsung didonlot aj mas… udh saya kasih link donlotnya.

  141. romiee Says:

    mas boleh donk souce codenya, penting banget mas,..
    pleaseeee.. kirim ke email: rommisudarmaji@ymail.com

  142. Hendy - bandung Says:

    Mas , Layout PCB & schematik serta coding programnya donk, penasaran juga ne.. tolong kirim ke email saya
    denrizky2002@gmail.com…terima kasih banyak

  143. NOA Says:

    woah~ nambah pengetahuan nih, thanks!

  144. mas ilham, saya juga bisa minta tlg kirimin source kode dan skematiknya gak ke email saya aceng.kurniawan93@gmail.com. terima kasih semoga ilmunya menjadi amalan. Aamiin

  145. aceng kurniawan Says:

    salam kenal,,mas aku buntu bantuan mas….minta source codenya ya mas plis untuk bahan TA. file simulasi dengan programnya yang jam mahal 7 segmen ya mas. kirim ke email saya : aceng.kurniawan93@gmail.com..aku tunggu ya mas ,terimakasih.

  146. yadi Says:

    bos..minta source code and skematiknya ya…,

  147. hadi Says:

    untuk button pengatura waktu pin berapa mas

  148. anggi Says:

    mas minta source code dan skematik nya ya….
    angierush.xyz@gmail.com

  149. zulfadhli Says:

    mas kirimin list program .c dong ma skematiknya
    mw coba bikin jam ni.
    email saya: zulfadlysyarief12@gmail,com

  150. rahmat Says:

    boleh minta souce code dan schematicnya gan?
    kirim ke email saya pwrrahmat@gmail.com

  151. A. hadi Says:

    untuk merubah waktu bagaimana gan.kalo bisa kasih skematik legkap ada swithnya utuk merubah waktu. thanks ( hadialhasaniy@yahoo.com)

  152. erizal70 Says:

    mas… mau dong source codenya,.. microcontroler hanya pernah denger tapi belum pernah coba.. proses compilasi

  153. Azhar Says:

    Mas minta source codenya donk, jadi kpengen belajar nikh.
    email : azhar.rizki.0208@gmail.com

  154. aziz Says:

    mas tanya,utk jenis mikrokontrolernya itu kok tdk ada di library cv avr ya?
    sekalian mas minta codeprogramnya.terimakasih
    ini email saya_> azizrijal@yahoo.co.id

  155. abdullah0203 Says:

    mas maaf sy minta juga dng skema sama kodenya
    email:khof.fha@gmail.com


Tinggalkan Balasan

