Ilham Zulmi

Running Texts menggunakan Dotmatrix Display 18 Juli 2010

Filed under: Belajar MCS51 — ilhamtheater @ 21:49

Sebenarnya program ini merupakan hasil modifikasi yang saya lakukan terhadap salah satu project yang ada di 8051 Microcontroller Blog, dimana project tersebut berjudul 8×8 Dot Matrix Digital Clock using AT89S51.

Project tersebut menampilkan jam dan menit yang bergeser pada display dotmatrix ukuran 8×8. Dari sinilah kemudian saya memodifikasinya menjadi display untuk menampilkan text berjalan. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk memprogram mikrokontroler adalah bahasa C. Sedangkan untuk mendesain tabel text yang akan ditampilkan pada display, saya menggunakkan Ecek2 Converter yang telah saya buatπŸ˜€. Semua Pendeklarasian variabel-variabel dan konstanta yang digunakan dibiarkan sesuai dengan nama sebelumnya, sebagai bahan pembanding untuk belajar. Maklum saya juga masih dalam taraf belajar.

Display akan menampilkan tulisan ** ILHAM ZULMI ** == https://ilhamtheater.wordpress.com ==.

Source code dan file simulasi Proteus bisa didownload di sini.

Semoga Bermanfaat.

 

40 Responses to “Running Texts menggunakan Dotmatrix Display”

  1. Broden Says:

    Wah… Ini yang aku cari2 selama ini gan…
    tapi display dot matrixnya ditambah dong gan biar lebih enak lihatnya waktu textnya berjalan….
    tengkyu gan….

  2. ilhamtheater Says:

    @Broden: Mas broden mau yang displaynya ngak cuma 1 ya?
    silahkan browsing2 lagi… saya kira sudah banyak yang mbahas mas…

  3. Andre Says:

    mau tanya, program di atas itu port mana ya yang dijadi’in port data dan port mana yang jd port control? masih bingung.
    trus kenapa dis_p harus diisi dengan bilangan 304?
    trims.

  4. ilhamtheater Says:

    @Andre: Seharusnya setelah membaca programnya andre sudah bisa mengetahui mana port yang di buat mengirim data dan mana port yang dijadikan sebagai port kontrol…. coba pelajari lagi programnya yπŸ˜€ . trus kenapa variabel dis_p diisi bilangan 304? variabel tersebut berguna untuk penghitung data pada tabel agar semua data bisa ditampilkan pada display.. untuk bisa menentukan isi dari variabel ini kita dapat melihat attribut gambar tulisan yang kita buat sebelum gambar tulisannya kita kompail dengan ImgTable.exe. gitu y andre. semoga bisa membantu!

  5. yitno Says:

    itu listing programnya aku coba pke micro project punya mas koko koq gak jalan ya…apa gak cocok…?

  6. ilhamtheater Says:

    @yitno: listing programnya dicoba pake micro project punya mas koko? maksudnya gimana mas?
    listing program di atas bisa yitno kompail pakai SDCC sebelum yitno simulasikan pada proteus.
    kemudian file yang berekstensi .ihx hasil kompilasi dari SDCC yitno kompail lagi sehingga menghasilkan file dengan ekstensi .hex, karena proteus hanya bisa membaca file yang berekstensi .hex.

  7. wahyu Says:

    mw yg lebih dr satu display

  8. ilhamtheater Says:

    @wahyu: saya kira udah banyak yang mbahas mas…. tp nanti saya tulis juga lah….. tunggu aja ya….

  9. Gan…aq nanya knp seh hrs buat ya ribet2, mending beli dluar kan ok

  10. Gan…knp seh kq buat yg ribet2 kayak gini. Mending beli diluar kan ok

  11. ilhamtheater Says:

    @densono: wah…ya gak pa2 sih kita beli diluar. Ini kan cuma buat belajar aja, bagaimana sih konsep untuk membuat running text? nanti kan kita bisa buat sendiri, trus bisa kita jual, kalo ada yang mau beli.πŸ˜€

  12. Allthewin Says:

    Ijin download source kodenya gan,
    salam kenal

  13. ilhamtheater Says:

    @allthewin: Salam kenal juga. Silahkan gan.. tinggal didownload aja.πŸ˜€

  14. genrozzi Says:

    Gan…mantap nich infonya…ijin sedot Gan
    Gan tadi uda saya coba file Simulasi Proteusnya, tapi gak isa dibuka
    klwar pesan beda versi….pnya saya Proteus 7 prof
    pnya Agan Ilham versi berapa ya???? dan tempat downloadnya
    sory Gan ngrepotin…coz ni da hubungannya ma Proyek ane…
    terimakasih gan….mohon bnget…….

  15. ilhamtheater Says:

    Iya gan, silahkan disedot..πŸ˜€
    saya pake proteus versi 7.8 sp 2, coba cari di 4shared, banyak tu gan, atau dimana aja yang udah nyediain link donlotnya. saya waktu itu juga lupa gk nyimpen linknya waktu donlot proteus yang versi skarang ini saya pakai.

  16. genrozzi Says:

    thanks Gan Ilham….sya uda buka proteusnya dan bisa dibuka
    tp sya msih bingung…
    proyek saya ni…bwat jam digital pke dot matrix 5×7 sebanyak 8 buah
    dikombinasi dengan atmega8535 dan ditambah RTC 1287
    tp saya mo buat simulasinya tp kog agk rumit …
    Agan Ilham bisa bantu ane kan…..
    tlong bngt coz ane dkasih waktu 1 bulan ini…..

  17. ilhamtheater Says:

    Kalo mau pake core lain kan agan tinggal modif aja tu listing program yang berhubungan dengan hardware yang dipakai, kayak file header, pemakaian register2 dll. Saya juga biasa cuma pake MCS51 gan.πŸ˜€
    trus cara memperlebar tampilan udah saya kasih contohnya juga di sini. Tinggal dipelajari aja gan…
    Emang proyek dari mana tu gan kok pake dikasih waktu sampai 1 bulan segala…

  18. genrozzi Says:

    tu proyek akhir bwat kuliah ane kata laennya Tugas Akhir ato pa lah…
    gtu gan……ni kan waktunya terbatas bngt…..
    ok saran agan nanti saya coba…..tp d laen waktu ane bsa mnta tlong agan ya
    mngkin klo ada ksulitan…………thanks gan

  19. ilhamtheater Says:

    sama2 gan… selamat mengerjakan tugas akhir, semoga lancar.

  20. tupai Says:

    jos

  21. Huda Says:

    top markotop…………………………..
    tuk bikin source code situ pake apa bos?

  22. ilhamtheater Says:

    bikin source code pake apa?, untuk yang ini, bahasanya pake bahasa C, compilernya pake SDCC.

  23. zaenal Says:

    webnya bang ilham mantap banget, articlenya bagus2
    iya bang ilham, saya boleh minta bantuannya
    saya dpt deadline dari ortu buat nyelesai’in Tugas akhir ane
    saya sudah ngerangkai rangkaiannya tpi mau mulai mrogram gak tau
    saya make atmega8535….
    bisa bantu saya bang ilham, nanti saya beli programnya
    saya serius bngt, tlong, please

  24. ilhamtheater Says:

    coba pelajari dan pahami dulu contoh listing program di atas mas.

  25. zaenal Says:

    mas ilham, saya sudah belajar listing program
    tapi semua hasilnya kosong, gak ada
    pling2 cma ngerti dikit
    mas ilham saya serius bngt
    nanti saya beli programnya mas
    bisa mnta no. hp
    email saya mas……please tolong….

  26. zaenal Says:

    saya terima mas e-mailnya
    dan sya ud bles
    terima kasih mas ilham

  27. Irfan Nurwanto Says:

    mas kalau 16 baris ditambah komponen apa?programnya gimana?

  28. ilhamtheater Says:

    kalau 16 baris, saya memakai 1 port lagi untuk mengirimkan data, jadi kita bisa pake 2 port untuk mengirimkan data. sedang kolomnya kita sambungkan sesuai dengan korelasi dari kolom 8 baris pertama. itu cara yang saya pakai.

  29. adib_Sip Says:

    Makasih bro ! Semoga ilmunya bertambah !

  30. ilhamtheater Says:

    amin… sama-sama mas…

  31. ucup Says:

    gan komponen selain mikro and 8×8 dot matrix satu lagi komponen apaan itu gan ???, and gan tulis artikel tentang ngontrol 8×8 lde matrix pake port LPT(parallel) juga donk gan

  32. ilhamtheater Says:

    Oh…., yang itu resistor pack mas….
    ya, kapan2 kita bahas yang ngontrol led matrixnya pake LPT mas…

  33. ucup Says:

    ok ane tunggu mas circuit diagramnya buat ngontol 4×4 atau 8×8 led dot matrix

  34. ilhamtheater Says:

    lha yang ini kan udah ukuran 8×8 mas… 4×4 tentunya lebih mudah lagi…

  35. Muslih Rizal Says:

    mas kalo mau bikin 16 x 16 yang cukup menggunakan ici single AT89S51, ada contoh source codenya tidak mas? kalo ada kirim ke email saya mas

  36. blogbudie Says:

    bagi yang berminat membuat running text,, silahkan kunjungi
    http://budiono.0fees.net
    lengkap dengan penulisan , coding, rangkaian, layout PCB nya
    dan faile pendukung lainnya.

  37. unzila Says:

    mas, saya mau tanya kalo jam digital + jadwal sholat + buzzer azan + running text “misal: solat isya” bisa gak ya digabung semua itu pake dot matriks ? ukuran berapa dot matriksnya? pake atmega apa yang bisa nyimpen eeprom nya besar. data waktu sholat yg mau disimpen itu ada 1 bln (5 waktu sholat). kira2 rangkaian apa saja yang dipakai ? tolong bantuannya ini buat tugas akhir mas.

  38. unzila Says:

    waktu nya menggunakan rtc mas (tambahan komen)

  39. unzila Says:

    jam digitalnya menggunakan rtc mas.

  40. ad waldy Says:

    ada skema jadwal sholat gk ,gan


Tinggalkan Balasan

